Posted by: andriwidyanto | April 18, 2011

Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan 1

Peranan masing-masing sarana bantu kerjasama perpustakaan :

 

1. Bibliografi adalah kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki. Dengan demikian tujuan bibliofrafi adalah untuk mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah diterbitkan.


Peranan dari bibliografi diantaranya adalah untuk membantu pemakai mencari dan menelusuri informasi tertentu. Fungsi lain dari bibliografi adalah sebagai bagian dari jasa pelayanan perpustakaan kepada pemakai. Dengan menerbitkan suatu bibliografi, pustakawan dapat menawarkan koleksinya kepada pemakai tanpa harus mengeluarkan seluruh koleksi yang dimilikinya, serta dapat menjangkau pengguna yang tinggal jauh dari perpustakaan.
Dengan demikian maka, bibliografi dapat digunakan sebagai:
∼ Bahan rujukan terhadap koleksi perpustakaan
∼ Daftar koleksi yang dimiliki perpustakaan
∼ Daftar informasi bahan pustaka mengenai suatu bidang kajian tertentu, dan sebagainya.

2. Peranan Katalog Induk (Uniaon catalog) :

  • Memungkinkan seseorang menemukan sebuah buku yang diketahui dari pengarang, judul atau subyeknya.
  • Menunjukkan apa yang dimiliki suatu perpustakaan oleh pengarang tertentu, pada subyek tertentu, dalam jenis literatur tertentu.
  • Membantu dalam pemilihan buku berdasarkan edisinya atau  berdasarkan karakternya (bentuk sastra atau berdasarkan topik).
  • Mempermudah penyalinan katalog (copy cataloguing)
  • Ø  Mendukung pengawasan bibliografi (bibliographic control).
  • Ø  Menopang silang layan (inter library loan).

3. Katalog induk majalah berfungsi sebagai sarana yang menunjukkan apa yang dimiliki sekelompok perpustakaan dalam bentuk majalah/terbitan berseri.  Mula-mula sarana ini terutama dimanfaatkan untuk pinjam antar perpustakaan, tetapi lama kelamaan katalog induk menjadi sarana penunjang untuk berbagai kegiatan penting lain. Kini katalog induk majalah antara lain dimanfaatkan sebagai sarana pengembangan koleksi, sarana untuk mengetahui lokasi terbitan berseri tertentu, sarana pelestarian, sumber data bibliografi, dan simpul dalam sistem pinjam antar perpustakaan yang bersifat hirarkis.

4.  Indeks, untuk memudahkan kita mencari suatu istilah / kata didalam sebuah buku. Daftar indeks biasanya memuat semua kata yang tercantum dalam suatu buku, seperti nama tempat, nama orang, istilah, kata benda, kata sifat, dll. Tapi kata hubung biasanya tidak termasuk. Dan daftar indeks juga lebih memudahkan kita mencari istilah daripada daftar pustaka karena disusun berdasarkan abjad (kayak kamus), bukan berdasarkan halaman.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: