Posted by: andriwidyanto | April 18, 2011

Pengolahan Bahan Pustaka 1

Informasi perlu diorganisir karena karena sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang banyak penggunanya memungkinkan informasi tersebut tersedia dalam jumlah yang banyak. Informasi yang banyak perlu diorganisir berdasarkan peraturan / acuan yang berlaku agar memudahkan pengguna mencari, menggunakan, dan memanfaatkan informasi yang tersedia. Apabila tidak teroganisir maka informasi yang ada akan berantakan sehingga akan menyulitkan pengguna untuk mencari informasi tersebut.

Semua bagian dari buku harus sesuai dengan peraturan pengatalogan yang berlaku. Jadi, hubungannya adalah peraturan pengatalogan disini digunakan sebagai acuan / pedoman dalam menentukan bagian-bagian yang ada dalam bahan pustaka agar memudahkan pengguna dalam mempelajari, mencari, memahami semua bagian yang ada dalam buku tanpa ada kesulitan.

Disini peraturan yang digunakan adalah AACR2 (Anglo American Catalog Rules)- kerjasama dari American Library Associaton (ASO), Library Association (Inggris), Library of Conggres dan Canandian library Assocition


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: