Posted by: andriwidyanto | April 18, 2011

Tugas 2 Pengembangan Koleksi

1. a. Menurut saya, pendekatan dalam kajian komunitas pengguna perpustakaan yang memerlukan dana paling besar adalah survey lapangan dibandingkan pemberi informasi kunci, forum komunitas dan indikator sosial. Karena dalam pendekatan survey lapangan dibutuhkan banyak sekali peralatan seperti lembaran survey, peralatan komunikasi, kendaraan, selain itu juga mempersiapkan rute dan peta target komunitas untuk disurvey. Karena keperluan yang dibutuhkan banyak dan paling memakan banyak tenaga dan administrasi maka metode kajian komunitas ini menurut saya yang paling banyak memakan biaya.

b. Berhubung perpustakaan yang saya kelola adalah perpustakaan sekolah maka menurut saya pendekatan yang paling tepat agar perpustakaan sekolah bisa memberikan koleksi informasi yang dibutuhkan adalah forum komunitas dan indikator sosial. Dari sini siswa akan diberi lembar kuisioner baik subjektif maupun objektif berkaitan dengan koleksi apa saja yang paling banyak dibutuhkan oleh para siswa. Sehingga hasil dari kuisioner tersebut kita bisa tahu koleksi apa yang kira-kira perlu ditingkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan informasi para siswa.

2.a. Ada 4 jenis utama terbitan berseri :

1.    Serial Books (buku berseri), contoh:

Seri Matematika untuk Universitas judul –judul yang terbit: Dasar-dasar Matematika, kemudian beberapa bulan berikutnya terbit judul baru: Matematika Lanjutan, dst. Yang mungkin dikeluarkan tahunan atau berkelanjutan, atau mungkin diterbitkan sebagai terbitan berseri yang dikeluarkan secara tidak berkala atau tidak tentu (irregular)

b. Publikasi yang diterbitkan Badan/ Lembaga tertentu

Merupakan bagian2 yang terpisah dan dinyatakan dengan urutan publikasi yang pernah diterbitkan oleh badan tertentu. Contoh: World Katalogue of Maximum Observed Floods , IAHS Publications 284 (Knternational Association of Hydrological Science)

c. Proceeding (prosiding ) dan Annual Books (buku tahunan )

merupakan publikasi yang berisi materi yang disampaikan (pidato, makalah, topic pertemuan) pada sebuah pertemuan baik yang berupa seminar, konggres, lokakarya, simposium, dsb. Yang dikeluarkan mungkin tahunan atau berkelanjutan atau diterbitkan sebagai terbitan berseri yangdikeluarkan tidak secara berkala atau tidak tentu (irregular).

Contoh: Prosiding Lokakarya Nasional Sitem Integrasi Kelapa Sawit – Sapi. Bengkulu, 9- 10 September 2003 (memuat sambutan dari berbagai pejabat dan makalah yang dibahas dalam lokakarya)

d. Terbitan Berkala (periodical)

adalah publikasi yang diterbitkan secara berkesinambungan dan diedarkan kepada publik setiap periode waktu tertentu: harian (daily), mingguan (weekly), bulanan (monthly), 2 bulanan (bimonthliy), 3 bulanan (quarterly), setengah tahun-an (semi annually), dan tahunan (annually).

Jenis-jenis terbitan berkala diantaranya majalah, koran, buletin, dan jurnal.

2.b. Dari keempat jenis terbitan berseri di atas, yang paling cocok untuk dilanggan di perpustakaan yang saya kelola adalah terbitan berkala dan buku serial. Karena di sekolah para siswa lebih menyukai adanya informasi yang berkaitan dengan hobi, bakat, dan minat mereka. Informasi tersebut biasanya muncul di majalah. Selain itu ada juga buku serial yang menjelaskan tentang teknik atau metode dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan bakat seperti buku Cara Memproduksi Jamur, Teknik Memperbaiki Mesin Sepeda Motor, Cara Beternak Unggas, dan sebagainya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: