Layanan

Salah satu kegiatan utama atau jasa utama perpustakaan adalah peminjaman buku dan materi lainya. Kegiatan peminjaman ini sering dikenal dengan nama sirkulasi artinya peminjaman. Bagian ini, terutama meja sirkulasi, seringkali di anggap ujung tombak jasa perpustakaan karena bagian inilah yang pertama kali berhubungan dengan pengguna atau pemakai serta paling sering di gunakan pemakai, karenanya unjuk kerja staf sirkulasi dapat berpengaruh terhadap citra perpustakaan

Kegiatan sirkulasi mencakup layanan referens

 a. layanan yang bersifat langsung artinya dalam memberikan layanan itu betul-betul berhubungan langsung  dengan para pemakai terutama dalam memberikan informasi.

b. memberikan informasi kepada pemakai baik informasi kepada pemakai baik informasi yang sifatnya ilmiah untuk kepentingan studi dan penelitian maupun informasi yang sifatnya tidak ilmiah.

c.  dalam memberikan informasi tadi pelayanan petugas rujukan dapat dengan leluasa menggunakan sumber-sumber baik yang ada di perpustakaan sendiri maupun yang ada diluar perpustakaan.

d. membantu para pembaca/ pemakai perpustakaan dalam menggunakan atau memanfaatkan sumber-sumber perpustakaan yang ada dengan sebaik-baiknya.

Pelayanan sirkulasi adalah pelayanan yang menyangkut peredaran bahan-bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Pada pelayanan sirkulasi ini dilakukan proses peminjaman bahan pustaka yang boleh dipinjam, penentuan jangka waktu peminjaman, pengembalian bahan pustaka yang dipinjam dan pembuatan statistik peminjaman untuk membuat laporan perpustakaan.

TENTANG LITERATUR

1.  Fungsi literatur  diantaranya :

membantu pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

– membantu memperkuat informasi hasil dari suatu analisis atau hipotesa

– memberi tambahan informasi

2. Jenis-jenis Literatur Ilmiah :

– Literatur primer

Literatur primer adalah karya tulisan asli yang memuat kajian mengenai sebuat teori baru, atau penjelasan suatu gagasan dalam berbagai bidang. Literatur primer bisa berupa artikel majalah ilmiah, laporan penelitian, disertasi, paten, standard, makalah seminar dan lain-lain.

– Literatur sekunder

Literatur sekunder merupakan literatur yang berisi informasi mengenai literatur primer. Literatur sekunder menawarkan literatur primer dengan cara menringkas atau menbuat indeks, jadi literatur sekumder tidak berisi pengetahuan baru, melainkan hanya mengulang dan menata pengetahuan yang sudah ada. Literatur ini termasuk dalam jenis koleksi referensi seperti kamus, ensiklopedi, thesaurus, direktori, majalah abstrak, majalah indeks, bibliografi, tinjauan literatur, termasuk juga pangkalan data dan lain-lain.

– Literatur tersier

Literatur tersier adalah literatur yang memuat informasi yang merupakan petunjuk untuk memperoleh literatur sekunder. Yang termasuk literatur tersier adalah bibliografi dari bibliografi, direktori dari direktori dan sebagainya.

3. Penelusuran literatur  ialah mencari kembali informasi / literatur yang pernah  ditulis  orang mengenai suatu topik tertentu. Informasi  tersebut terdapat dalam publikasi yang diterbitkan baik didalam  maupun diluar negeri. Penelusuran dapat dilakukan  dengan cara manual dan  komputer.

Penelususran Literatur dapat dilakukan  dengan 3 cara yaitu :

1.  Penelusuran manual  dengan mengunakan publikasi tercetak,bibliografi,abstrak,indeks serta katalog perpustakaan.

2.  Penelusuran  dengan cara akses langsung atau online ke penyedia pangkalan  data computer yang ada didalam maupun diluar negeri.

3.  Penelusuran dengan menggunakan  CD-ROM dan pangkalan data  yang dibangun sendiri

Penelusuran melalui Web Site / Internet

Mencari informasi melalui www sering disebut dengan istilah Surfing the net. Tentu saja informasi yang disediakan oleh berbagai situs yang menyediakan informasi tentang jurnal ilmiah (e-Jurnal), berita pangkalan, perpustakaan, atau keterangan tentang lembaga yang menyediakan www bahkan ada situs yang menyediakan fasilitas untuk melakukan pencarian atau pelacakan (search). tentang hal-hal yang kita inginkan. situs semacam ini lebih dikenal dengan sebutan dengan mesin pencari (search-engine), diantaranya adalah www.google.com, www yahoo.com dan sebagainya pada situs seperti ini, kita tinggal menulis kata kunci (keyword) yang kita inginkan, misalnya menuliskan Library science bila kita ingin menulis ilmu perpustakaan itu sendiri sebagai keywordnya setelah menulis pada tempat yang disediakan (text box)  kita tinggal meng klik atau menekan tombol search untuk mengeksekusinya maka mesin pencari tersebut akan melakukan,dan selanjutnya akan menampilkan informasi sesuai dengan hasil temuannya.

4. Pangkalan data dibedakan menjadi empat jenis, yaitu :

1. Pangkalan data individual

Pangkalan data individual adalah pangkalan data yang digunakan oleh perseorangan. Biasanya pangkalan data seperti ini banyak dijumpai dilingkungan PC. Visual dBASE, Corel Paradox, dan Filemaker Pro merupakan contoh perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengelola pangkalan data untuk kepentingan pribadi.

2. Pangkalan data perusahaan

Pangkalan data perusahaan adalah pangkalan data yang dimaksudkan untuk diakses oleh sejumlah pegawai dalam sebuah perusahaan dalam sebuah lokasi. Pangkalan data seperti ini disimpan dalam sebuah server dan para pemakai dapat mengakses dari masing-masing komputer yang berkedudukan sebagai client.

3. Pangkalan data terdistribusi                

Pangkalan data terdistribusi adalah pangkalan data yang disimpan pada sejumlah komputer yang terletak pada beberapa lokasi. Model seperti ini banyak digunakan bank yang memiliki sejumlah cabang di pelbagai kota dan melayani transaksi perbankan yang bersifat online.

4. Pangkalan data publik

Pangkalan data publik adalah pangkalan data yang dapat diakses oleh siapa saja (publik). Sebagai contoh, banyak situs web (misalnya yahoo dan about.com) yang menyediakan data yang bersifat publik dan dapat diambil siapa saja secara gratis. Namun adakalanya seseorang harus menjadi anggota dan membayar iuran untuk memperoleh data publik.

5. Faktor Yang Mempengaruhi Kerjasama Antar Perpustakaan

a. Adanya peningkatan luar biasa dalam ilmu pengetahuan dan membawa pengaruh semakin banyak buku yang ditulis tentang pengetahuan tersebut.

b. Meluasnya kegiatan pendidikan, muali dari sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi mendorong semakin banyaknya dan semakin beraneka ragamnya permintaan pemakai yang dari hari ke hari semakin banyak memerlukan informasi.

c. Kemajuan dalam bidang teknologi dengan berbagai dampaknya terhadap industri dan perdagangan serta perlunya pimpinan serta karyawan mengembangkan keterampilan dan teknik baru. Keterampilan ini antara lain dapat diperoleh dari mambaca.

d. Berkembangnya kesempatan dan peluang bagi kerjasama internasional dan lalu lintas internasional; kedua hal tersebut mendorong informasi mutakhir mengenai negara asing.

e. Berkembangnya teknologi informasi, terutama dalam bidang komputer dan telekomunikasi, memungkinkan pelaksanaan kerja sama berjalan lebih cepat dan lebih mudah, bahkan lebih murah.

f. Tuntutan masyarakat untuk memperoleh layanan informasi yang sama. Selama ini merupakan suatu kenyataan bahwa masyarakat pemakai informasi di kota besar memperoleh layanan informasi lebih baik dari pemakai yang tinggal di daerah terpencil.

g. Kerjasama memungkinkan penghematan fasilitas, biaya, SDM dan waktu.

5. Menurut saya banyak sekali kelebihan mencari informasi dari internet dibandingkan mencari informasi dari sumber informasi cetak diantaranya :

– Lebih cepat

– Lebih efisien

– Tanpa membolak balik buku cukup masukkan kata kunci yang kita inginkan kita bisa mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan

– Lebih efektif

– dan banyak kemudahan lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: